Tuesday, July 28, 2009

Elang-alap Jambul

Sumber foto: Con Foley @pbase.com


Nama Latin : Accipiter trivirgatus (Temminck, 1824)
Nama Inggris : Crested Goshawk

Deskripsi:
Elang Accipiter yang berukuran besar (40 cm), tubuh tegap dengan jambul yang jelas. Jantan dewasa : tubuh bagian atas coklat abu-abu dengan garis-garis pada sayap dan ekor, tubuh bagian bawah merah karat, dada bercoretan hitam, ada garis-garis tebal hitam melintang pada perut dan paha yang putih. Lehernya putih dengan setrip hitam menurun ke arah tenggorokan dan ada dua setrip kumis.Remaja dan betina : seperti jantan dewasa, tetapi coretan dan garis-garis melintang pada tubuh bagian bawah berwarna coklat serta tubuh bagian atas coklat lebih pucat.

Suara :
Pekikan lengking "hi-hi-hi-hi-hi" dan lolongan panjang. Pada masa berbiak terdengar suara yang agak lemah, tetapi mantap "wliik wliik wliik ciwliil ciwliik"(ciwlik).

Penyebaran Global :
Asia Selatan, Asia tenggara, Filipina, dan Sunda Besar.

Penyebaran Lokal :
Tidak jarang ditemukan di hutan dataran rendah Sumatera (termasuk Nias) dan Kalimantan (termasuk Kep. Natuna) sampai ketinggian 1000 m. Di Jawa dan Bali dulu tersebar luas di hutan dataran rendah dan perbukitan, tetapi sekarang langka.

Kebiasaan :
Berburu di tenggeran yang rendah di laut. Selalu tinggal di hutan lebat. Pada waktu berbiak kadang-kadang memperlihatka cara terbang yang khas, yaitu getaran sayap (bulu putih pada sisi tubuhnya terlihat jelas) berselang dengan luncuran pendek dalam lingkaran yang sempit.

Makanan:
Kadal dan burung

Perkembangbiakan:
Sarang pada pohon yang tinggi di hutan tersusun atas ranting yang dilapisi dedaunan. Telur 2 berwarna putih kebiruan berbintik coklat. Masa berbiak Desember-Maret.
Burung muda, sumber foto: Martin Hale @orientalbirdimages

No comments:

Post a Comment