Tuesday, July 28, 2009

Elang-alap Kalung


Sumber foto: Rohan Clarke @pbase.com

Nama Latin : Accipiter cirrhocephalus (Vieillot, 1817)
Nama Inggris : Collared Sparrowhawk

Deskripsi:
Berukuran sedang (30-41 cm). Elang-alap kecil dan ramping, kerah merah-karat, dan ujung ekor berbentuk persegi-empat. Sayap bawah dan ekor berpalang. Remaja: tubuh bagian bawah pucat, di tengah dada bercoret gelap, sisi tubuh berpalang, dan sera hijau pucat.

Suara :
Serangkaian sekitar 7 nada tinggi dan kencang (2/detik). Rangkaian nada meninggi.

Penyebaran global :
Papua, Maluku, dan Australia.

Penyebaran lokal :
Di P. Seram, P. Buru, Papua dan pulau-pulau satelitnya. Dapat ditemui sampai ketinggian 2500 m, tetapi umumnya hanya sampai ketinggian 1000 m.

Kebiasaan :
Burung yang umum tetapi tidak mencolok di hutan, pekarangan, dan tempat-tempat terbuka. Sering terlihat terbang dan menukik cepat menyambar mangsa di udara. Berpindah dari dahan pohon satu ke dahan pohon lain yang tersembunyi, menyerang mangsa dari tempat bertengger.

Makanan:
Terutama memakan burung kecil, biasanya dari keluarga burung passerine. Juga memakan kadal, serangga dan terkadang mamalia kecil.

Perkembangbiakan:
Musim berbiak Juli-Desember. Sarang tunggal tersusun dari ranting yang dijalin dengan rumput dan dedaunan. Sarang dibuat di percabangan utama pohon pada ketinggian 4-39 m. Jumlah telur 2-5 (biasanya 3-4) butir, dan dierami selama 35 hari. Anakan mulai belajar terbang dan meninggalkan sarang 28-33 hari.

No comments:

Post a Comment