Tuesday, July 28, 2009

Elang-alap Kecil


Sumber foto: Ingo Waschkies @pbase.com

Nama Latin : Accipiter nanus (W. Blasius, 1897)
Nama Inggris : Dwarf Sparrowhawk

Deskripsi:
Berukuran sangat kecil (22-28 cm). Tubuh bagian atas hitam kebiruan. Dada dan perut bagian atas merah karat, perut bagian bawah sampai tunggir putih keabu-abuan. Memiliki sayap yang pendek dan paruh yang relatif tebal. Kaki dan cakar kurus panjang.
Iris kuning-jingga, sera kuning kehijauan, kaki jingga kekuningan.

Suara :
Pendiam, seruan tipis “kiliu” yang diulang-ulang. Kadang diikuti dengan suara “ki-ki-ki-ki-ki...” yang sangat tajam dan cepat.

Penyebaran global :
Endemik Sulawesi.

Penyebaran lokal :
Endemik Sulawesi dan Buton bagian timur. Hidup di hutan pegunungan dan perbukitan 900-2250 m di atas permukaan laut, jarang ditemui di bawah ketinggian 550 m.

Kebiasaan :
Penyendiri atau berpasangan. Lebih banyak bersembunyi hutan dengan vegetasi rapat. Terbang cepat di antara pepohonan di dalam hutan untuk mengejutkan mangsa.

Makanan:
Hanya tersedia sedikit informasi. Memakan serangga besar, terutama belalang. Mungkin juga memakan burung kecil dan anakan ayam. Sekali pernah di temukan memakan siput.

Perkembangbiakan:
Hanya ada satu catatan yang diduga Elang-alap Kecil. Sarang berukuran kecil dan cenderung datar dekat dengan percabangan utama pada pohon berukuran kecil. Ditemukan pada bulan Juni, tetapi kemudian telur di sarang dimangsa predator pada awal Agustus.

No comments:

Post a Comment