Wednesday, July 15, 2009

Elang Tiram

Sumber foto: David Free @orientalbirdimages

Nama Latin : Pandeon haliaetus (Linnaeus, 1758)

Nama Inggris : Osprey

Deskripsi:
Berukuran sedang (55 cm). Berwarna coklat, hitam dan putih. Kepala putih dan garis mata hitam khas, bagian atas sebagian besar coklat suram.Jambul pendek berwarna gelap, bisa ditegakkan. Ras-ras berbeda dalam penampakan kepala dan perluasan garis pada bagian bawah.

Iris kuning, paruh hitam dengan sera abu-abu, tarsus telanjang, kaki abu-abu.

Suara :
Siulan nyaring mendayu pada masa berbiak. Burung muda di sarang berteriak nyaring bila melihat induknya.

Penyebaran global :
Tersebar luas di seluruh dunia.

Penyebaran lokal:
Pengunjung teratut dan tersebar luas pada musim dingin di Sumatera dan Kalimantan. Tidak umum menetap di sepanjang pesisir Jawa dan Bali. Pada musim dingin pengunjung yang tidak teratur lebih jauh ke pedalaman.

Kebiasaan :
Pemangsa Ikan yang dasyat, menyelam dalam air untuk menangkap mangsa, kadang-kadang tinggal berendam sampai beberapa detik. Berburu mangsa dari pohon, bertengger ke arah laut atau danau, berputar pelan-pelan diatas air, melayang-layang atau meluncur dengan kecepatan rendah, menantang angin halun. Ikan dibawa ke tempat bertengger baru kemudian di makan.

Makanan:
Ikan dan ular laut

Perkembangbiakan:
Sarang berukuran besar, berupa tumpukan ranting pada pohon yang tinggi, digunakan selama bertahun-tahun. Telur dua butir berwarna putih dengan tanda coklat kemerah-merahan.

No comments:

Post a Comment